PUB Salurkan Bantuan Beras untuk Korban Banjir di Lebak


URANGBANTEN.ORG – Perkumpulan Urang Banten (PUB) salurkan bantuan 200 paket beras 5 Kg untuk para korban musibah banjir di Desa Cigobang, Cigemblong, Lebak Banten padai Kamis pagi (12/08).


Amanat pemberian bantuan dari Ketua Umum PUB, Taufiequrachman Ruki ini diwakilkan langsung oleh para pengurus PUB, terlihat hadir Muhammad Hasan Gaido, Wakil Ketua Umun PUB Bidang Perencanaan dan Anggaran, Pepep Faisaludin, Ketua PUB Lebak, bersama Wakil Bupati Banten, H. Ade Sumardi, SE,. meluncur ke lokasi bencana dan diterima langsung oleh Camat Cigemblong, Babinsa, dan Kades Cigobang.


Pada kesempatan yang sama, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Provinsi Banten juga turut menyalurkan sebanyak 130 paket sembako.


Kades Cigobang, Jaro Anis mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh PUB dan BPBD Lebak ini.


“Kami di sini sangat berterima kasih atas bantuan beras dan sembako ini. Terlebih di situasi pandemik covid seperti ini. Kami berdoa semoga musibah bertubi ini segera berakhir dan kita diberi kekuatan. Teruntuk kepada semua donatur, orang-orang baik diberi balasan terbaik oleh Allah Swt.” ujar Jaro Anis.


Pimpinan rombongan, Pepep Faisaludin di sela-sela pembagian bantuan kepada tim redaksi urangbanten.org menyampaikan turut belasungkawa atas musibah yang dialami masyarakat Cigobang.


"Alhamdulillah, bisa sampai di sini lagi. Kami mengawal langsung penyaluran bantuan ini guna memastikan sampai kepada yang membutuhkan dan semoga ini bisa sedikit meringakan beban masyarakat yang terdampak. Kami juga ingin memastikan PUB hadir, eksis dan eksistensinya dirasakan oleh masayrakat.” Tegas Pepep.



Setelah membagikan bantuan beras dan sembako, rombongan meluncur untuk melihat langsung kondisi Jembatan Muhara yang roboh diterjang banjir, pada Senin (9/8) malam.


Bencana ini terjadi saat air Sungai Ciberang meluap setelah diguyur hujan lebat.

Diketahui banjir yang melanda enam kecamatan itu menyebabkan 1.239 rumah terdampak yang tersebar di Rangkasbitung, Cikulur Warunggunung, Kalanganyar, Cibadak dan Lebak Gedong.


Sebagian besar warga yang terdampak banjir kini sudah kembali ke rumah masing-masing setelah air banjir surut. BPBD Lebak terus mengoptimalkan penyaluran bantuan bahan pokok, seperti beras, lauk pauk, minyak goreng, minuman kemasan, selimut dan peralatan dapur serta tikar.


Wilayah Kabupaten Lebak memang rawan bencana alam, seperti banjir bandang, kebakaran, longsor, angin puting beliung dan gempa tektonik.

10 views0 comments