PUB Pencak Silat Tanah Jawara Resmi Dilantik


BANTEN-Perkumpulan Urang Banten (PUB) Flasmob Pencak Silat Banten Tanah Jawara resmi dilantik oleh ketua IPSI Banten Ajat Sudrajat di Kawasan Wisata Halal Baduy Outbound, Serang, Banten, Minggu (19/7/2020).


Hadir dalam kesempatan ini Waketum Bidang Budaya, Tb. Najib, Waketum Bidang Perbendaharaan, Hasan Gaido, Waketum Sosial dan Agama, Anang Rachmatullah, Waketum Bidang Penanganan Bencana, Yayat Hidayat Ruki, Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia(IPSI) Banten, Ajat Sudrajat, dan Ketua PUB Kabupaten Tangerang, Ketua PUB Kabupaten Pandeglang, Ketua PUB Kota Tangerang Selatan, Ketua PUB Kota Cilegon, Ketua PUB Kota Tangerang, Pengurus Kabupaten Serang dan unsur Pemprov Banten, para tokoh pencak silat Banten dan seluruh panitia serta simpatisan yang terlibat dalam kegiatan ini sekitar 160 an orang.

Dalam sambutannya Ketua IPSI Banten Ajat Sudrajat menyampaikan terima kasih serta dukungan sepenuhnya atas inisiasi program budaya oleh PUB ini. “Kami siap berkolaborasi dan sepenuhnya mendukung program Pencak Silat Banten Tanah Jawara ini, apa pun selama itu untuk untuk mengharumkan dan melestarikan Pencak Silat, kami dukung,” ucapnya.


Sementara, Hasan Gaido dalam kesempatan sambutannya memberikan pengarahan orientasi dan sekilas profil PUB. Dimana, sambung Hasan, melalui Program Budaya ini, PUB khususnya selaku inisiator ingin menyampaikan pesan kepada seluruh pemerhati budaya, Pemprov dan Pemda di Banten, akademisi, komunitas, dan pengusaha yang peduli dan cinta terhadap Banten bahwa Pencak Silat seni budaya Banten Tanah Jawara adalah warisan budaya tak benda Indonesia yang telah ditetapkan oleh (United Nation Education Culture Organization) UNESCO.


“Pencak Silat Banten Tanah Jawara ini bisa menjadi aset dan modal besar dalam rangka mempromosika secara nasional maupun internasional untuk mewujudkan Banten Tujuan Wisata Dunia,”katanya.


Hasan juga menambahkan, PUB juga merekomendasikan tentang pentingnya edukasi dan literasi betapa berharga dan potensialnya seni Pencak Silat untuk menjadi daya pacu kemajuan industri pariwisata dan budaya di Banten, salah satunya, kata Hasan adalah dengan menjadikan Pencak Silat sebagai pelajaran muatan lokal wajib mulai sekolah dasar hingga perguruan tinggi di Banten sehingga semakin besar dan mengakar lingkup aktivitas pelestarian seni budaya ini ke masyarakat dan juga para pendekar kita menjadi guru silat di sekolah-sekolah, sehingga profesi guru silat turut terangkat baik secara ekonomi maupun status profesinya, oleh karena itu hal-hal tersebut perlu menjadi konsen dan keterlibatan Pemprov maupun Pemda merealisasikannya sesuai dengan ranah anggaran maupun aturan ke dinas terkait ke depannya.


“Kita berharap ada saatnya nanti pencak silat sebagai seni menjadi pertunjukan wajib di semua event di Banten dan juga semua penerbangan nasional maupun internasional yang turun di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, ikut mempromosikan Pencak Silat Banten Tanah Jawara,”ungkapnya. (Red).

5 views

Sekretariat Pusat

Ruko RDM no R 6-7, Jl. Letkol TB. Suwandi,

Jl. Lingkar Selatan, Ciracas, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42116

Sekretariat Jakarta

Jl. Patal Senayan No.3, RT.5/RW.7, Grogol Utara, Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, 

Pusat Pelatihan

Kawasan Wisata Halal Baduy Outbond

Jl. Kawasan Wisata Baduy Outbound, Pasir Kidul, Kec. Baros, Serang, Banten 42173, Indonesia

Call Center: T: +62 878-1228-4005 (Ki Pitong) Email: info@urangbanten.org 

© 2018  created by : Gaido Creative