Temui Pengurus Wilayah Kepri dan Batam, PUB Ingatkan Substansi Kabula Kabale Kabalandongan


Pengurus PUB Pusat yang dipimpin Ketua Harian, Eden Gunawan, didampingi Bendahara Umum, Ade Yuliasih, dan Waketum Bidang Antar Daerah dan Lembaga, M Hasan Gaido bersilaturahmi ke PUB Kepri dan Batam.

URANGBANTEN.OTG-Setelah mengukuhkan Pengurus Wilayah Sumatera Utara (Sumut) dan tiga daerah (Deli Serdang, Tebing Tinggi, dan Serdang Bedagai), Pengurus Pusat PUB menlanjutkan kunjungan silaturahmi ke jajaran pengurus wilayah Kepulauan Riau.


Kegiatan yang berlangsung di Swiss Belhotel, Kota Batam, pada Minggu (16/10/2022) ini dikemas dalam bentuk dialog interaktif, yang dipandu oleh Wakil Ketua Umum PUB Bidang Antar Daerah dan Lembaga, M Hasan Gaido.


Suasana dialog berlangsung hangat, cair dan menggembirakan. Semua peserta diberi kesempatan berbicara, dan diajak untuk sesekali menggunakan Bahasa Sunda Lebak Banten.


Laksamana TNI. Dr. Ir. Eden Gunawan, Ketua Harian Pengurus Pusat PUB, dalam sambutannya menyampaikan tentang esensi kabula kabale kabalandongan sebagai Moto sekaligus prinsip yang ditanamkan PUB.


"Moto itu mengamanatkan kepada kita semua, insan PUB agar mampu bekerja secara profesional, mampu menjadi tokoh masyarakat dengan ajaran agama Islam, dan mampu menjaga seni budaya, antara lain pencak silat dan debus Banten," kata Eden Gunawan.


Untuk mencapai tujuan itu, lanjut Eden Gunawan, diperlukan komunikasi dan koordinasi yang solid antar sesama urang Banten.

"Dimana pun kita berada, maka keberadaan kita harus menjadi solusi bagi masyarakat, bergandengan tangan dengan pemerintah agar kita bisa meringankan beban negara," tutur Eden Gunawan.


Menurut Eden Gunawan, salah satu sektor yang harus dibangkitkan adalah dalam hal peguatan ekonomi di semua bidang.


"Misalnya saat ini kita bantu pemerintah pusat agar program penguatan ekonomi syariah dapat dijalankan. Kita bisa ambil porsi mengedukasi dan mendorong program sertifikasi halal. Ini penting, sehingga impian Indonesia menjadi kiblat industri halal dunia bisa menjadi kenyataan," papar Eden Gunawan. Lebih lanjut, Eden Gunawan mengajak para pengurus wilayah, khususnya wilayah Kepri untuk manfaatkan tokoh-tokoh besar yang ada di PUB. Mereka adalah para figur dengan keahlian yang beragam dan memiliki kompetensi yang luar biasa.


"Kita memiliki Ketua Dewan Pembina, KH. Maruf Amin saat ini sebagai Wakil Presiden RI. Kita juga punya Ketua Umum, Taufiequrahman Ruki Mantan Ketua KPK, Mantan Mentri Pertanian, Ki Anton, Mantan Dirut BNI Syariah, Ki Rizkullah, Ki Hasan Gaido sebagai pengusaha kelas international juga sebagai Presiden Indonesia Saudi Arabia Business Council, dan masih banyak lagi. Mari kita manfaatkan mereka dan jaringan yang mereka punya untuk kemajuan," papar Eden Gunawan.


Terakhir, Eden Gunawan berharap, agar kehadiran sejumlah Pengurus Pusat PUB menjadi inspirasi dan bisa mempererat spirit kebantenan semua anggota.

"PUB hadir di berbagai kota dan kabupaten di Indonesia bahkan luar negri untuk menguatkan rasa kebantenan dan persaudaraan yang tunggi, sehingga urang Banten mampu membuktikan jati diri nya sebagai urang Banten," papar Eden Gunawan.


Sementara itu, Ketua PUB Kota Batam, Ki Heru menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan dan bimbingan para Pengurus Pusat PUB.


"Kami di Batam terdiri dari berbagai profesi, ada yg pengusaha, ASN, politisi, dan sebagainya. Dengan kehadiran PUB di Batam dan Kepri, insya Allah ini menjadi wadah untuk kami urang Banten untuk berkontribusi bagi bangsa," ucapnya.


"Kami di Batam ada sanggar pencak silat, majlis taklim, arisan ibu ibu dan sudah melakukan banyak hal salah satunya santunan anak yatim dan siap bergerak dengan sesuatu yang baru, yaitu era digital kita akan buat program marketing digital dan public sparking agar manfaat nya langsung terasa," sambung Ki Heru.


Dari dialog ini dihasilkan sejumlah poin penting: Organisasi tidak boleh pecah hanya karena perebutan kekuasaan; Manfaatkan jejaring PUB baik untuk ekonomi, politik dan sosial budaya; Kuatkan PUB Kepri dan Batam dengan melengkapi susunan pengurus, serta membuat program sehingga organisasi bergerak bukan oleh satu orang, tapi oleh semua pengurus nya.

16 views0 comments