top of page

PUB Bersama Ormas Islam se-Banten Audiensi dengan Gubernur Banten, Bahas KDEKS



URANGBANTEN.ORG- Perkumpulan Urang Banten (PUB) bersama para Pimpinan Ormas Islam se-Banten Penandatangan dan pengusulan pembentukan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Banten melakukan audiensi bersama Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH), pagi ini Selasa, (13/10) bertempat di Rumah Dinas Gubernur, Serang.

Kegiatan dibuka oleh Ketum MUI Banten. A.M. Romly menyampaikan paparan mengenai KDEKS, dan langkah yang akan dilakukan berikutnya. Rizkullah, menyampaikan paparan tentang Banten Kiblat Ekonomi Syariah Nasional dan Banten Tujuan Wisata Halal Dunia oleh Hasan Gaido.

Gubernur menyambut baik dengan diadakannya audeinsi ini bersama ormas Islam se-Banten ini.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para kyai, profesor dan para ahli dari semua ormas Islam yang hadir di audiensi ini. Saya bangga, Banten memiliki para kiyai, intelektual dan praktisiyang bergerak bukan lagi konsep tapi langsung kepada realisasi. Saya siap bahkan lebih siap lagi kalau sekarang pun SK-nya ditanda tangani, kita segera susun kepengurusannya dan segera resmikan.” Ujar WH

KDEKS yang diketuai langsung oleh Gubernur, mengacu pada KNEKS yang diketuai langsung Presiden RI dan Wakil Presiden sebagai Ketua hariannya. Hadirnya KDEKS ini akan menjadi motor penggerak ekonomi syariah di daerah Banten. Arah kebijakan dan program KDEKS Banten akan mengacu kepada arah kebijakan dan program KNEKS. Harapannya, Banten akan menjadi KIBLAT pengembangan ekonomi syariah di Indonesia. Berbagai langkah yang telah dilakukan adalah sebagai upaya menguatkan posisi KDEKS sebagai tempat berhimpunnya para ulama, zuama dan cendekiawan Islam sekaligus sebagai rumah atau tenda besar bagi Ormas-ormas dan Lembaga Islam, yang memunyai fungsi khadimul ummah (palayan umat) dan shodiqul hukumah (mitra pemerintah).

Dalam pertemuan ini membahas langkah strategi ke depan yang konkrit demi mewujudkan Indonesia Sentral Ekonomi Syraiah Dunia dimulai dari Banten yang terkenal dengan tanah jawara dan tanah ulama dengan moto iman dan taqwa, Banten memiliki kawasan wisata halal, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Halal atau kawasan industri halal, dll.



Tercatat hadir dalam kesempatan ini, para pimpinan ormas se-Banten mulai dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) A.M. Romly selaku Ketua Umum, PW Nahdlatul Ulama, KH Bunyamin selaku Ketua Umum, PW Muhammadiyah, Dr. Syamsuddin selaku Ketua, Forum Silaturahim Pondok Pesantren (FSPP), KH Sulaeman Effendi selaku Ketua Presidium, Perkumpulan Urang Banten (PUB) H. Hasan Gaido selaku Waketum Bidang Perencanaan dan Anggaran dan Dr. Rizqullah selaku Waketum Bidang Ekonomi. Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), Prof. Lili Romli selaku Ketua, Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) Indonesia, Dr. Nihayatul Masykuroh selaku Ketua, Himpunan Ilmuwan dan Sarjana Syariah Indonesia (HISSI), Prof. Syafuri selaku Ketua, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Dr. Efi selaku Ketua.

Hasan Gaido selaku inisiator Indonesia Sentral Ekonomi Syariah Dunia menyampaikan bahwa sangat mungkin terwujudnya Banten Kiblat Ekonomi Syariah Nasional, karena posisi Banten sebagai penyanggah ibukota dan dengan Pendapatan Asli Daerah (PA)D terbesar No 2 Nasional, serta pernah menempati No 3 tujuan investasi nasional dan Banten kaya akan potensi daerah dengan berbagai kelebihannya berbagai perusahaan kelas nasional bahkan internasional ada di Banten. Banten juga kaya akan intelektualnya bahkan saat ini wapres KH. Ma’ruf Amin adalah putra Banten dengan julukan Bapak Ekonomi Syariah Nasional. Banten telah memiliki kawasan wisata halal, kawasan industri halal dan pelabuhan, perumahan, Perhotelan sekarang kita sedang siapkan ketahanan pangan sebagai sub-sistem pada ekosistem ekonomi syariah.

“Dalam kesempatan ini kami berikan penghargaan kepada Gubernur Banten, WH sebagai Bapak Pembangunan Ekonomi Syariah Banten, karena KDEKS ini adalah yang pertama di nasional sebagai pionir.” ujar Hasan Gaido.

“Semoga melalui KDEKs ini ekositem ekonomi syariah di Banten bergerak sehingga Banten menjadi Kiblat Ekonomi Syariah Nasional dan Banten Tujuan Wisata Halal Dunia.” Ujar Founder dan CEO Gaido Group ini.

Di akhir pertemuan dalam sesi foto bersama, KDEKS menyerahan lukisan “Bapak Pembangunan Ekonomi Syariah di Banten” untuk Gubernur Banten, yang diserahkan langsung oleh Muhammad Hasan Gaido dan jajaran pengurus KDEKS.

“Terimakasih atas penghargaannya sebagai Bapak Pembangunan Ekonomi Syariah Banten dengan simbolis lukisan ini. Ayo kita sinergi membangun Banten.” Tutup WH

73 views0 comments
bottom of page