Milad Ke-2 Tahun Perkumupulan Urang Banten (PUB)


URANGBANTEN.ORG—Perkumpulan Urang Banten (PUB) adakan tasyakuran Milad ke 2 Tahun bertema “Banten Baru, Banten Juara Melawan Covid-19” dirangkai dengan program PUB Mendengar Kahayang Urang Banten bertema “Banten Bangkit Masyrarakatnya Sejahtera” pada 11-12 September 2020 melalui Zoom, Live Facebook Urang Banten dan Studio Banten Restaurant, Tangerang Selatan. Beragam rangkaian acara tasyakuran berjalan lancar dan sukses. Hadir Gubernur Banten, Dr. Drs. H. Wahidin Halim, M.Si, Ketua Umum PUB, Irjen. Pol. (Purn) Drs. H. Taufiequrachman Ruki, S.H, Sekretaris Umum, Laksma TNI (Purn) Dr. Ir. H. Eden Gunawan, MM, IPM, AER, Para Wakil Ketua Umum PUB, Para Ketua PUB se-Banten, Kabupaten/Kota, Para calon Ketua PUB Nasional dan seluruh anggota PUB di mana pun berada.

Setelah rangkaian pembukaan acara, yaitu pembacaan ayat suci al-quran dan doa oleh Qori Internasional, H. Mustofa dan dengan hikmat bersama-sama menyanyikan lagu Indonesai Raya, Ketua Panitia Milad PUB, Muhammad Hasan Gaido menyampaikan laporannya. Diawali dengan mengungkapkan rasa syukur keda Allah SWT. dan berterimakasih kepada seluruh hadirin, terkhusus kedapa Gubernur Banten, Ketua Umum PUB, dan Sekum PUB, Ketua PUB se-Banten, dan Ketua PUB Nasional.

“Mari bersama-sama kita bersyukur atas segala nikmat Allah SWT. sehingga kita dapat melaksanakan Tasyakuran Milad 2 tahun PUB dan PUB Mendangar Kahayang urang Banten dalam keadaan New Normal ini, sedemikian hingga panitia mengusung tema “Banten Baru, Banten Juara Melawan Covid-19” mari kita lawan Covid-19 dengan penuh semangat, selamatkan diri dan keluarga kita, dengan pakai masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan. Dan berkat segala dukungan berbagai pihak kita bisa melaksanakan kegiatan ini dengan lancar dan sukses. Alhamdulillah ” Ujar Hasan Gaido

Disamping itu juga Hasan Gaido menyampaikan bahwa PUB telah melakukan beragam rangkaian acara menjelang Milad ke-2 Tahun PUB ini; di antaranya yaitu pembentukan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Banten, Launching Website www.urangbanten.org, Buletin Urang Banten seri ke#2, Webinar Seri ke#12 Ekonomi dan Keuangan Syariah “Pendampingan Ekonomi dan Keuangan Mikro Pedesaan”, dan Rapat Koordinasi Flahsmob Banten Tanah Jawara, Launching Kartu Tanda Anggota (KTA) PUB, dan Program PUB Mendengar “Kahayang Urang Banten”.

Selanjutnya penyampaian sambutan oleh Ketua Umum PUB Irjen. Pol. (Purn) Drs. H. Taufiequrachman Ruki, S.H atau biasa disapa Ki Mpik.

“Suasana hari ini yang saya rasakan layaknya seperti puluhan tahun lalu ketika kita bersama-sama berinisiasi membentuk Provinsi Banten, kala itu kita mampu bersatu dari timur-barat kompak, saling solid melawan kesulitan, memperjuangkan kemerdekaan. Kita mampu tampil begitu kokoh dan kuat. Persaan itu dalam lingkup lebih kecil itu saya rasakan di PUB ini yang tanpa terasa sudah 2 tahun berjalan, walau belum banyak yang telah kami lakukan, namun dengan soliditas dan kebersamaan kami mencoba melakukan banyak hal, walau perlahan. Insyallah.” Ujar Ki Mpik.

Ki Mpik juga berpesan kepada seluruh peserta bahwa keberadaan PUB tidak dilihat dari legalitasnya, bukan keberadaan kantornya, dari tokoh-tokohnya, melainkan akan banyak dirasakan keberadaannya berdasarkan kiprah yang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Wajib mendukung program provinsi, lupakan perbedaan, lupakan ketidaksepahaman, demi terwujud visi Banten Baru, Banten Bangkit, Banten Juara dan Masyarakatnya Sejahtera dalam Bingkai Iman dan Taqwa.


Selanjutnya penyampaian sambutan utama sekaligus peresmian Pengurus PUB Nasional oleh Gubernur Banten, Dr. Drs. H. Wahidin Halim, M.Si.

“Behagianya dan senangnya saya hari ini, karena saya merasakan bahwa kami tidak sendirian, dalam membangun Banten. Bersama kita lakukan demi Banten yang kita cintai. Apa yang saya janjikan saat kampanye, sebagian besar sudah saya lakukan. Walaupun belum memuaskan masyarakat” ujar Gubernur.

Gubernur melanjutkan, Provinsi Banten telah mendapatkan Penghargaan Pencegahan Korupsi dari KPK RI. Penghargaan sebagai bagaian dari reformasi birokrasi Pemprov Banten dengan semangat antikorupsi dan nepotisme. Pemprov Banten juga berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI empat kali atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) berturut-turut sejak 2016 hingga 2019.

Di bidang pendidikan, Pemprov Banten telah merealisasikan pendidikan gratis untuk tingkat SMA, SMK, dan SKh Negeri. Demikian pula dengan tunjangan guru honorer dan gaji juga ditingkatkan untuk meningkatkan kesejahteraan para guru.

Di bidang pendidikan, Pemprov Banten telah merealisasikan pendidikan gratis untuk tingkat SMA, SMK, dan SKh Negeri. Demikian pula dengan tunjangan guru honorer dan gaji juga ditingkatkan untuk meningkatkan kesejahteraan para guru.

"Yang tadinya Rp 200 ribu menjadi Rp 3 juta dan bahkan Rp 5 juta per bulannya," ungkap Gubernur Banten.

Di bidang kesehataan, terangnya, Pemprov Banten terus meningkatkan kapasitas, kapabilitas, kualitas, dan aksesibiltas layanan kesehatan mulai dari pembangunan rumah sakit, laboratorium kesehatan, hingga bantuan iuran kepesertaan BPJS Kesehatan.

Rangkaian acara selanjutnya adalah paparan Sekretaris Umum PUB, Laksma TNI (Purn) Dr. Ir. H. Eden Gunawan, MM, IPM, AER, tentang kiprah 2 Tahun PUB.

Ki Eden mengungkapkan bawah hadirnya PUB sebagai organisasi masyarakat saat ini berawal dari WhatsApp Group Urang Banten yang kemudian berlanjut dideklarisikan sebagai sebuah perkumulan resmi pada 11 September 2016 di Masjid Ats-Tsauroh, Serang Banten. Sepanjang 2 tahun perjalanan banyak program PUB berfokus pada pelayanan sosial, ketahanan pangan dan pendidikan literasi pada masyarakat khususnya di bidang ekonomi syariah. Beberapa di antaranya: Bantuan untuk korban Tsunami Selat Sunda, Peringatan Isra Mi’raj, FGD Pengelolaan dan Penataan Pesisir Pantai, Seminar Internasional Research On Islam in Indonesia, Pemberian bantuan APD, Handsanitizer, terdampak Covid-19 dan bantuan “Sasieur Sabeunyeur”, FGD Bank Banten, Program Ketahanan Pangan Banten, Webinar Ekonomi dan Keuangan Syariah, Flasmob Banten Tanah Jawara, Donor Darah untuk Indonesia, dan terakhir kita berhasil menginisasi bersama seluruh ormas Islam se-Banten mebentuk Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS), dan telah terbentuk juga Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jaro Urang Banten.

Sebelum beranjak ke acara pemotongan tumpeng, keempat jaro PUB; Ki Mpik, Ki Eden, Ki Embay dan Ki Hasan maju ke atas panggung untuk menyapa dan saling memberikan motivasi dan harapan kepada para pengurus PUB Kepulauan Riau, PUB Bandung Raya,, PUB Lampung dan PUB DKI Jakarta. Selanjutnya diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh Ketum PUB, Ki Empik dibagikan kepada Waketum Bidang Organisasi dan Keanggotaan, Ki Embay, Sekum PUB Ki Eden dan Waketum Bidang Anggaran dan Perencanaan, Ki Hasan Gaido dan kepada perwakilan Ketua PUB Cabang Kota Cilegon Ki Habibi serta perwakilan Ketua PUB Cabang Kabupaten Serang, Ki Dedi Juanda.


PUB Mendengar “Kahayang Urang Banten”

Program PUB Mendengar “Kahayang Urang Banten” pada Sabtu, 12 September 2020. Diawali penampilan video Pencak Silat dari Banten.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ketum PUB, Ki Empik yang mengatakan bahwa Program PUB Mendengar adalah upaya PUB menjadi penghubung suara masyarakat yang tidak terakomodir.

“Saya sangat mengapresiasi adanya program PUB Mendengar ini, karena komunikasi adalah hal penting untuk mewujudkan keinginan, aspirasi masyarakat yang hingga kini belum terakomodir, untuk itu mari kita dengarkan, cermati, harapan terhadap pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota, DPRD.” Tutup Ki Mpik

Acara selanjutnya diisi dengan mendengar aspirasi, harapan, dan persoalan yang dihadapi Urang Banten dari berbagai kalangan mulai supir, tukang ojek online, petani, pedagang, ketua Ormas, anggota DPR RI, akademisi, pegawai swasta, pegawai negeri, guru/pengajar dan para tokoh banten lainnya.

Selesainya acara PUB Mendengar menjadi akhir pula kegiatan Milad ke-2 Tahun PUB yang ditutup oleh Ketua PUB Kota Tangerang Selatan, Ki Dadi Farid, selaku tuan rumah Milad PUB tahun ini.

50 views

Sekretariat Pusat

Ruko RDM no R 6-7, Jl. Letkol TB. Suwandi,

Jl. Lingkar Selatan, Ciracas, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42116

Sekretariat Jakarta

Jl. Patal Senayan No.3, RT.5/RW.7, Grogol Utara, Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, 

Pusat Pelatihan

Kawasan Wisata Halal Baduy Outbond

Jl. Kawasan Wisata Baduy Outbound, Pasir Kidul, Kec. Baros, Serang, Banten 42173, Indonesia

Call Center: T: +62 878-1228-4005 (Ki Pitong) Email: info@urangbanten.org 

© 2018  created by : Gaido Creative